Mengatasi Notifikasi LINE Tidak Muncul? Begini Caranya

Daftar Isi

Tips Mudah Mengatasi Notifikasi LINE Tidak Muncul di Smartphone Android – LINE merupakan aplikasi chat yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone android. Namun, terkadang notifikasi pada aplikasi asal Korea ini tidak muncul di layar ponsel. Biasanya pengguna harus menjalankan aplikasi terlebih dahulu dan baru melihat chat yang baru masuk.

Padahal, notifikasi masuknya pesan baru pada pesan pribadi maupun grup, panggilan masuk serta video call sangat penting bagi pengguna LINE. Jika notifikasi tak mau muncul, bagaimana solusinya? Nah, kali ini kami akan membagikan cara ampuh untuk mengatasi notifikasi LINE yang tidak muncul di smartphone android. Berikut ini adalah cara-caranya. Mengatasi Notifikasi LINE Tidak Muncul. 

1. Update Aplikasi LINE

Cara berikutnya yang dapat Kamu coba untuk Mengatasi Notifikasi LINE Tidak Muncul adalah dengan melakukan pembaruan (update) pada aplikasi LINE. Mengupdate aplikasi LINE bertujuan agar aplikasi tersebut bebas dari gangguan ataupun error.

Di samping itu, dengan melakukan update, Kamu dapat menikmati fitur hingga tampilan terbaru yang tidak tersedia pada versi lama. Lakukan update LINE dengan menjalankan Google Play Store, lalu cari LINE, kemudian pilih Perbarui/Update.

2. Paksa dan Hapus Data Aplikasi LINE

Cara lain yang bisa Kamu lakukan adalah dengan menghentikan aplikasi LINE secara paksa (force stop) dan hapus data LINE. Cara ini diketahui cukup ampuh untuk mengatasi error pada aplikasi. Caranya yaitu dengan masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Pilih LINE > Paksa Berhenti > Hapus Data.

Namun, perlu Kamu ketahui bahwa cara ini akan membuat akun LINE Kamu terlog out dan history chat Kamu juga akan terhapus. Untuk itu, pastikan Kamu mengingat LINE id, email atau nomor handphone yang terdaftar serta password akun LINE Kamu.

3. Bersihkan Cache

Jika Kamu sudah memastikan status notifikasi telah aktif namun tetap tidak mengatasi permasalahan tersebut, maka cobalah langkah kedua. Bersihkan file temporary berupa cache pada smartphone android Kamu. Aplikasi crack bisa saja tak dapat bekerja maksimal karena banyaknya cache yang menumpuk. Maka, cache harus segera dibersihkan.

Cara membrsihkan cache dapat dilakukan secara manual dengan masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Pilih LINE > Hapus Cache. Sebaiknya, yang dibersihkan tak hanya cache pada aplikasi LINE saja, tetapi pada semua aplikasi agar smartphone mampu bekerja optimal. Agar lebih mudah, gunakan bantuan aplikasi pembersih pihak ketiga seperti Clean Master, CCleaner, dan sebagainya.

4. Periksa Status Notifikasi

Langkah pertama Mengatasi Notifikasi LINE Tidak Muncul , coba Kamu periksa status notifikasi pada aplikasi LINE Kamu. Pastikan jika status notifikasi telah Kamu aktifkan. Karena, jika status notifikasi belum diaktifkan, tentu saja pemberitahuan adanya pesan masuk tidak akan bisa dimunculkan.

Untuk memeriksanya, pertama jalankan aplikasi LINE, kemudian masuk ke menu Settings > Basic Settings > Notifications > Aktifkan tanda centang pada opsi Notifications. Pada pengaturan tersebut Kamu juga bisa menentukan tone atau suara pemberitahuan serta getar. Selain itu, terdapat opsi Show Preview yang memungkinkan Kamu untuk melihat preview chat yang baru masuk.

Pengaturan notifikasi di atas adalah pengaturan secara umum. Jika Kamu menghendaki, Kamu juga bisa mematikan notifikasi untuk chat tertentu baik personal maupun grup. Caranya dengan membuka kolom chat yang tidak Kamu kehendaki pemberitahuannya, lalu tap tanda panah ke bawah yang ada di pojok kanan atas, kemudian tap Notifications Off. Maka, notifikasi dari orang atau grup tersebut tidak akan masuk.

Penutup

Bagaimana? Cukup mudah bukan, untuk mengatasi permasalahan notifikasi LINE yang tidak muncul di layar smartphone? Selamat mencoba.

Nimda
Nimda Saya suka menulis hal yang saya ingin tuliskan.

Posting Komentar