Logo Halal Terbaru Maret 2022 Kritikan Netizen Begini

Daftar Isi

Logo Halal Terbaru Maret 2022 - Kami akan membagikan dari Ustadz KHB membicarakan ini jadi kritisinya seperti berikut.

Logo Halal Terbaru Maret 2022 Kritikan Netizen Begini

Logo halal terbaru yang di cetuskan oleh kemeneg membuat orang banyak yang tidak setuju karena mengepentingkan jawa saja karena logo mirip dengan gunung di wayang.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa membaca tulisan dari KHB supaya bisa mengambil kesimpulan apakah logo halal terbaru maret 2022 memang bagus atau tidak.

Mengkritisi Logo Halal Kemenag yang sedang Viral

Jenis Khat yang dikenal ada 7 macam, diantaranya : Naskhi, Riq'ah atau Riq'iy, Diwani, Diwany Jaly, Tsulutsi, KUFI dan al Farisy. Logo ini Basic Khat nya khat Kufi, Tapi pada Huruf ha nya, ada  Tambahan garis lurus menjulang kebawah yang tidak relevan dengan gaya khat kufi.

Jika ini jenis Kufi, maka Di bagian tengah ada Huruf Lam  yang gaya penulisannya bisa terbaca huruf RA. Di Bagian akhir ada Huruf Lam yang dibentuk mirip Bulatan, ini tidak sesuai dengan kaidah Khat Kufi. Malah akan disangka sebagai huruf MIM.

Maka :

  • Jika dibagian depan dibaca ha
  • Dibagian tengah Terbaca RA
  • Dan dibagian Akhir Terbaca MIM
  • Maka logo itu akan terbaca Bukan HALAL, Tapi
  • HARAM (حرام) 

Dalam dunia kaligrafi, jika sebuah karya terdiri dari jenis Khat Campuran maka kami lazim menyebutnya dengan Khat SYAKA.

Yang artinya :

  • SYAKA-daek
  • SYAKA-inget
  • SYAKA-bisa
  • SYAKA-tabrang-tabrang
  • SYAKA : Syakumaha AingWe

Kemudian logo ini mirip dengan Pintu Lakon wayang jawa, yang mana hanya mencerminkan 1 budaya saja tidak mewakili semua budaya Nusantara. Jadi Kesannya Asal Bukan Arab. 

Saran:

Sebaiknya  pemilihan Font (Bentuk Huruf) pada logo ini menggunakan font Standar dan tidak Neko-neko, sebagaimana font yang digunakan oleh Negara-negara lain. 

By KHB

Komentar Netizen Logo Halal Terbaru 1 Maret 2022 

Tentu tidak nyambung jika nantinya logo gunung wayang halal itu di tempelin ke produk2 makanan,brang2 lain2nya yg membutuhkan logo halal,karna dng logo gunung wayang kesan & pesannya seakan hanya untuk wayang itu sendiri yg halal.alangkah anehnya ya ALLAH.

Harusnya yg menentukan halal haram bagi umat muslim ya lebih cocok MUI karena di MUI adalah ukhuwah para ulama. Kalau di kemenag kan umum, ada agama lain juga yg di urus di kemenag. Kemenag harus merujuk ke fatwa MUI utk ketentuan bagi muslim. Kalau bagi agama lain, kami tidak ikut campur karena di mrk kan tidak ada istilah halal haram.

Ribet amat Kemenag pake bikin logo segala, rakyat hanya pengen logo yang gampang dimengerti, pake bahasa Indonesia atau Arab, paling abis 5 huruf, singkat padat jelas, gak usah pake logo mirip2 wayang, kena kritik deh.

Sekelas paud dikasih tugas jadi menteri, ya gini, ngakunya paling Indonesia, tapi apa2 semuanya serba jawa, tu la Islam nusantara, itu bukan Islam yg diajarkan Rasulullah, tapi campuran dari syiah, liberal, sama dedengkotnya.

beberapa negara asean & negara lain bacaan halal jelas terbaca sedangkan Indonesia tdk begitu jelas.. Masih tanda tanya?? Logonya sangat sukuisme skali.. Jgn sampe suku lain meminta logo halal nya sesuai karakteristik sukunya.

Saking alerginya pada hal2 berbau arab, sampai2 logo pun diutak-atik. Tp karena akalnya ga nyampe, lupa bahwa kata 'halal' itu msh bahasa arab jg. Males ya nyari kata yg cocok dr bahasa sansekerta? Kalo pikirannya masih sehat, mestinya bukan ngutak-ngatik logo, tp "alergi"nya yg "diobati".

Menurut sya, mendingan kemenag nya bikin Logo Haram, karena indonesia mayoritas muslim. Jd berbagai masakan atau makanan yg haram, wajib ditempelin logo Haram.

Ya kan Indonesia bukan jawa saja. Kenapa logo halalnya kek jawa banget gitu ya? Pake yang natural napa? Karena halal tuh buat muslim ya yang bisa dibaca dengan mudah sama yang muslim. Ini dari tadi saya liatin ndak mudeng bacanya apa? Astaghfirullah ... nih kemenag makin hari makin gak jelas ye?

Penutup

Bagaimana komentar kalian tentang logo baru halal dari kemeng ini sobat? apakah kalian setuju atau malah sebaliknya? ssilahkan kalian berkomentar di bagian kolom komentar yang telah disediakan jika tidak menemukan berarti kalian tidak bisa berkomentar terima kasih.
Atih
Atih Mulai dengan hal baik, akan membuahkan hasil yang baik pula.

Posting Komentar